Selasa, 15 Januari 2013

Keadaan Geografis Kota Ipoh

Ipoh memiliki iklim hutan hujan tropis. Suhu menunjukkan sedikit variasi sepanjang tahun. Suhu rata-rata di kota ini 27 derajat Celcius. Ipoh melihat curah hujan yang tinggi sepanjang tahun dengan lebih 200mm hujan setiap bulan dan rata-rata 2800 mm hujan per tahun. Bulan terbasah adalah November di mana pada 360 mm rata-rata hujan terlihat. Bulan Ipoh terkering adalah bulan Juni yang melihat 128 mm dari curah hujan rata-rata.

Curah hujan tertinggi adalah 3,062.2 mm (120.56 in) pada tahun 2010

Curah hujan terendah adalah 2,560.4 mm (100.80 in) pada tahun 2011

Ipoh terletak di negara bagian Perak, yang terletak di bagian utara Semenanjung Malaysia. Kota ini terletak di tengah-tengah Lembah Kinta, di tepi Sungai Kinta dan pertemuan sungai kecil, yaitu Sungai Pinji dan Sungai Pari. Kota ini dikelilingi oleh bukit-bukit kapur, yang dapat ditemukan di sekitar daerah pinggiran kota di timur laut, timur dan tenggara kota.

Pegunungan Kledang membentang dari utara ke barat kota. Kisaran ini berjalan sejajar dengan pegunungan Bintang dengan Sungai Perak mengalir di tepi kiri dan Sungai Kinta ke kanan nya. Rentang ini terganggu di utara Ipoh oleh anak sungai dari Sungai Perak disebut Sungai Pelus, yang bersumber dari pegunungan Titiwangsa, yang berjalan ke timur dari Ipoh.

Ipoh dikelilingi oleh gua kapur dan ada kuil gua beberapa. The Sam Po Tong candi, merupakan kuil Cina dibangun dalam sebuah gua kapur. Candi lain adalah Perak Tong, memiliki tangga curam dalam menuju puncak bukit yang mana ada panorama Ipoh dan sekitarnya. Patung Buddha di Perak Tong adalah yang tertinggi dan terbesar dari jenisnya di Malaysia ketika pertama kali ditugaskan.

Kek Lok Tong adalah candi gua yang terletak di sisi lain dari bukit yang sama seperti Sam Poh Tong. Hal ini dapat diakses melalui daerah perumahan Rapat Gunung. Ini memiliki lingkungan yang bersih, tenang dan lebih pendinginan dan memiliki pandangan yang terbaik gua indah.

Perbukitan kapur memperpanjang 20 km sebelah utara dari Ipoh dan juga 20 km ke arah selatan. Ada banyak gua di bukit-bukit, candi gua yang dibangun di beberapa gua. Gua Tempurung, dekat Gopeng selatan Ipoh, adalah sebuah gua acara terbuka untuk umum.. Hal ini populer di kalangan spelunkers, atau penggemar caving. Lebih dari 3 km panjang, itu adalah salah satu gua terpanjang di Semenanjung Malaysia. Bagian dari itu telah dikembangkan sebagai sebuah gua pertunjukan dengan listrik pencahayaan dan trotoar dan ada tur panjang yang berbeda dan kesulitan. Sebuah gua sungai baik, bagian sungai berjalan sekitar 1,6 km melalui bukit. Ada lima ruang yang sangat besar dan beberapa stalaktit dan stalagmit.

Danau di Ipoh termasuk satu di Gunung Lang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar