Selasa, 22 Januari 2013

Delapan Belas Hari Sembuh Batuk

Batuk selama seminggu saja rasanya sangat menyiksa dan terlalu lama. Namun ternyata peneliti menyebutkan kalau batuk sebenarnya butuh 18 hari untuk bisa sembuh secara total.

Meskipun demikian, penelitian dari University of Georgia Health Science Campus di Athens tersebut menyatakan kalau kebanyakan orang menganggap batuk normalnya terjadi sekitar enam sampai sembilan hari saja.

Oleh sebab itu, orang-orang kerap panik jika batuk yang dialami berlangsung lebih dari satu minggu. Mereka pun berusaha untuk berkonsultasi dengan dokter yang akhirnya berujung pada pengobatan yang tidak perlu.
Berdasarkan penelitian, ada sekitar 50 persen penderita batuk yang memutuskan untuk berobat. Mereka lantas diberi antibiotik, padahal batuk biasanya disebabkan oleh virus, sehingga obat yang dikonsumsi tidak memberi efek apapun.

Informasi tentang berapa lama batuk seharusnya diderita oleh pasien ini dianggap penting. Sebab dengan begitu, tidak ada lagi orang yang menjalani pengobatan tidak berguna hanya karena masa batuk mereka lebih lama dari perkiraan.

"Kita perlu menginformasikan kalau batuk akut tidak perlu diberi antibiotik. Selain itu, wajar kalau batuk itu berlangsung selama dua minggu lebih," tutur salah satu peneliti, Dr Mark Ebell, seperti yang dikutip dari My Health News Daily (14/01).

Dr Ebell pun menyarankan Anda tidak perlu buru-buru ke dokter jika batuk yang diderita tak kunjung sembuh. Konsultasi dengan dokter baru disarankan ketika Anda juga mengalami gejala sakit pada dada, napas pendek, batuk berdarah, dan kondisi lain yang mencurigakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar